Jumat, 22 Juni 2012

RUMAH TUA


Barangakali bukan aku saja yang senang mengamati rumah-rumah tua ini, mungkin segelitir orang yang kebetulan melintasi banguan ini menolehkan kepala hanya untuk sedikit memuaskan rasa penasaran mereka. Aku pun juga tidak tahu kapan rumah-rumah ini berdiri,yang pasti sudah ada sebelum aku di lahirkan dan seingatku bentuknya tidak pernah di ubah oleh pemiliknya.

Suatu ketika di dinding rumah tersebut tertempel tulisan besar “rumah di jual”, entah apa yang ada di pikiran teman ku saat itu hingga terlontar pertanyaan “apakah kamu akan membeli rumah itu” dengan cepat aku pun menjawab “Tidak”. Pertama aku tidak punya cukup uang untuk membeli rumah itu, Kedua saat pagi hari rumah ini memang tampak indah dan nuansa klasik sangat kental terasa, tetapi ketika hari sudah berganti malam bangunan ini akan menggelap dan terlihat misterius, seakan-akan di dalamnya terdapat mahkluk-mahkluk gaib yang bergentayangan bahkan ketika aku masih kecil, kakak q sering bercerita bahwa rumah tersebut berhantu, saat malam hari kadang terlihat roh seorang wanita bergaun putih dan membawa payung mirip wanita Belanda, mendengarnya saja membuat bulu kuduk ku berdiri waktu itu.

Aku pun tidak tahu apakah obralanku ini terlalu keras sehingga si empunya rumah keluar dan berkata apakah kalian mau melihat lebih dekat rumah ini. Tentu saja aku pun langsung menganggukan kepala,kesempatan ini lah yg aku tunggu2 utk menghilangkan rasa penasaran selama ini. Pemiliknya seorang nenek tua, sorot matanya yang bening disertai guratan-guratan tegas di wajah menyiratknan panjangnya perjalanan hidup yang telah di lalui. Dulunya rumah ini adalah milik seorang sinder yang bekerja di Pabrik Gula Gondang yang kemudian di beli oleh ayahnya semasa kemerdekaan. Meski bangunan tua, rumah ini terasa asri dengan jendela dan pintu yang lebar khas arsitek belanda. Mebel kursi tamu, ruang makan, tempat tidur semuanya terbuat dari kayu jati berukir Jepara. Terdapat juga hiasan gelas dan cangkir di dalam lemari hias kaca yang dipajang nampak seperti peninggalan barang kuno




3 komentar:

  1. woooww...rumah jadulnya memang ajiib (Y) ngiler juga,tp hanya mampu memandang saja..karna rumah kuno mahal harganya,biasanya yg tinggal di sini bukan org sembarangan pastinya yah..kereeen rumahnya

    BalasHapus
  2. Lokasinya dimana gaaannn,,, share location

    BalasHapus